Minggu, 19 Oktober 2014

BAB I

BAB I

PENDAHULUAN


A.       Latar Belakang

Jaman ini kebutuhan untuk memperoleh informasi sangat meningkat. dan semua ini dikarenakan oleh persaingan manusia atau kelompok/  instansi yang sangat ketat demi kemajuan usahanya, sehingga hal ini berdampak terhadap beban setiap siswa karena mereka dituntut untuk mampu menggali informasi dari berbagai sumber.
Banyak sumber informasi yang dapat kita ketahui di era globalisasi ini, seperti : Internet, Media Cetak dan Elektronik ( seperti : Televisi, Radio, koran dan sebagainya ), namun dari sekian banyak sumber informasi, yang paling penting untuk kita ikuti perkembangannya adalah informasi dari layanan jasa melalui Internet.
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) / Magang adalah secara umum bentuk kerja sama antara SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DUDI) atau Instansi yang berkompeten dalam praktek kerja / magang di lapangan, uji praktek kompetensi dan sertifikasi bagi siswa. Secara khusus bertujuan mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan Dunia Usaha/ Industri (DU/ DI) dan adanya pengakuan berupa pemberian sertifikat.
SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dibawah pembinaan Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) menjalin kerjasama PSG dengan PT. Telkom Indonesia Tbk. Pelaksanaan PSG ini didasari pada perjanjian kerjasama (MoU) antara PT. Telekomunikasi Indonesia dengan Yayasan Sandhykara Putra Telkom Nomor :TEL. 175/ HK810/ HRC60/


2012 dan Nomor: PKS. 09/ PDD/ DPPP – YSPT/ V/ 2012. Tentang: PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) Terhadap Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di bawah pembinaan YSPT untuk diberikan kesempatan guna memanfaatkan fasilitas TELKOM melalui Pendidikan Sistim Ganda.

B.       Tujuan

1.    Tujuan Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG )
                                 a.     Untuk memberikan pengalaman kerja secara langsung serta mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul di lapangan.
                                b.     Untuk membetuk dan merubah sikap atau perilaku siswa yang lebih positif melalui penyesuaian diri dengan lingkungan kerja ditempat PSG.
                                 c.     Untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan baik.
                                d.     Untuk mengukur kompetensi masing-masing siswa setelah dihadapkan pada berbagai masalah di lapangan.
                                 e.     Membiasakan diri menghadapi dunia kerja yang akan dialami oleh siswa dan siswi di masa yang akan datang.
2.    Tujuan Pembuatan Laporan
                                 a.     Sebagai salah satu persyaratan bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan praktek kerja yang dilakukan di dunia industri dimulai dari tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 26 September 2014.
                                b.     Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang telah diberikan oleh sekolah kepada para siswa sehubung.
                                 c.     sebagai bahan yang digunakan oleh siswa dan siswi untuk meningkatkan ilmu pengetahuan.asdsadsadasdasdsadasdasddasd


C.       Batasan Masalah

Penulis melaporkan tentang kegiatan yang penulis lakukan selama melakukan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) di kantor Divisi Akses Malang Kota mengenai :
1.    Main Distribution Frame (MDF).
2.    Pengenalan dan pelatihan tentang Jaringan Lokal Akses Tembaga.
3.    Perbaikan Gangguan pada Telepon.
Untuk menghindari pembahasan yang terlalu luas, penulis membatasi pembahasan laporan Pendidikan Sistem Ganda ini hanya pada kegiatan tentang Perbaikan Gangguan pada Telepon.

D.       Metode

1.    Metode Praktikum
Pada metode ini, penulis melakukan praktikum di bimbing oleh pembimbing lapangan.
2.    Metode Observasi
Pada metode ini penulis melakukan pengamatan dengan pencatatan data secara langsung terhadap objek yang diamati dalam kegiatan-kegiatan di lapangan.
3.    Metode Wawancara
Metode ini digunakan untuk menanyakan hal-hal yang belum sepenuhnya di mengerti oleh penulis.
4.    Metode Kepustakaan
Metode ini dapat dilakukan menggunakan berbagai media salah satunya Internet. Di internet kita dapat dengan mudah mendapat berbagai informasi.


E.       Manfaat Pendidikan Sistem Ganda

1.    Manfaat bagi siswa
Adapun manfaat bagi siswa dari Pendidikan Sistem Ganda yaitu sebagai berikut :
                            a.     Dapat mengenali suasana pekerjaan industri lapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Sandhy Putra Banjarbaru dan terjun ke lapangan industri dapat mengenali suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
                           b.     Dapat menambah Keterampilan dan wawasan tentang dunia usaha yang Profesional.
2.    Manfaat bagi Dunia Industri

Manfaat bagi dunia industri akan mengenal kualitas lulusan SMK secara luas dan mendalam, sehingga mempermudah dalam mencari calon karyawan dan pemakai lulusan SMK dapat membina calon karyawan sedini mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Get this widget!

Total Tayangan Laman

Popular Post

Blogger templates

- © Microsoft -- Powered by - Designed by -